Quiz Teknik Pengumpulan Data Bab 5

 Quiz Teknik Pengumpulan Data




  1. Jelaskan teknik-teknik yang dapat digunakan di dalam Pengumpulan Data. Dari teknik-teknik tersebut, teknik manakah yang paling baik digunakan. Sebutkan alasannya! Dan sebutkan pula kelebihan serta kekurangan dari masing-masing teknik pengumpulan data tersebut!
  2.  Buatlah panduan wawancara (guide interview) sebagai alat bantu yang digunakan di dalam menggunakan teknik wawancara.
    Lokasi Penelitian, melanjutkan tugas Bab 4 Contoh  jika lokasi penelitian di SMKN 1 Kedawung Kab. Cirebon. Maka lanjutkan untuk tugas bab 5 tsb.

    No.

    Hari/Tanggal/ Jam melaksanakan teknik Wawancara

     

    Narasumber (sebutkan jabatan serta posisi)

    Daftar Pertanyaan

    Jawaban

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

     

    Minimal harus ada 3 narasumber yang berbeda. Dan masing-masing narasumber minimal 3 buah pertanyaan serta jawabannya masing-masing!
  3. Uraikan rencana penelitan dengan menggunakan teknik observasi (lihat materi Bab 5 yang sudah Ibu berikan!).

  4. Jelaskan format-format daftar pertanyaan dan berikan contohnya masing-masing!

  5. Buatlah daftar pertanyaan dengan format bebas (cukup satu saja pada masing-masing divisi) pada divisi:

    a.       Marketing

    b.      Personlia (HRD)

    c.       EDP (Electronic Data Processing)




Jawaban 

  1. Pengumpulan data dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu :

    a.       Studi kepustakaan sumbernya dari buku, majalah, naskah, kisah sejarah, dan dokumen.

    b.      Angket dilakukan dengan cara menyebarkan sejumlah kertas yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang ditujukan untuk dijawab oleh responden.

    c.       Wawancara berbicara langsung pada narasumber untuk memperoleh informasi yang ingin diperoleh.

    d.      Observasi Memperhatikan sesuatu dengan menggunakan panca indera.

    Metode yang paling baik digunakan adalah Metode Angket (Kuisioner) Karena daftar pertanyaan tertulis yang telah disusun sebelumnya. Pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam kuesioner, atau daftar pertanyaan tersebut cukup terperinci dan lengkap dan biasanya sudah menyediakan pilihan jawaban (kuesioner tertutup) atau memberikan kesempatan responden menjawab secara bebas (kuesioner terbuka). Penyebaran kuesioner dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti penyerahan kuesioner secara pribadi, melalui surat, dan melalui email. Masing-masing cara ini memiliki kelebihan dan kelemahan, seperti kuesioner yang diserahkan secara pribadi dapat membangun hubungan dan memotivasi respoinden, lebih murah jika pemberiannya dilakukan langsung dalam satu kelompok, respon cukup tinggi. 

    Kelebihan Metode Angket

    -          Tidak memerlukan hadirnya peneliti.

    -          Dapat dibagikan secara serentak kepada responden.

    -          Dapat dijawab oleh responden menurut kecepatannya masing-masing menurut waktu senggang responden.

    -          Dapat dibuat anonim sehingga responden bebas, jujur dan tidak malu-malu menjawab.

    -          Dapat dibuat berstandar sehingga semua responden dapat diberi pertanyaan yang benar-benar sama.

    Kekurangan Metode Angket 

    -          Responden sering tidak teliti dalam menjawab sehingga ada pertanyaan yang terlewati tidak terjawab, padahal sukar diulangi diberikan kembali padanya.

    -          Seringkali sukar dicari validitasnya

    -          Walaupun dibuat anonim, kadang-kadang responden sengaja memberikan jawaban yang tidak betul atau tidak jujur

    -          Angket yang dikirim lewat pos pengembaliannya sangat rendah, hanya sekitar 20%. Seringkali tidak dikembalikan tertutama jika dikirim lewat pos menurut penelitian

    -          Waktu pengembaliannya tidak sama-sama, bahkan kadang-kadang ada yang terlalu lama sehingga terlambat.

  2. No.

    Hari/Tanggal/ Jam melaksanakan teknik Wawancara

     

    Narasumber (sebutkan jabatan serta posisi)

    Daftar Pertanyaan

    Jawaban

           1. 

    05 Desember 2020

    Siti Nur R

    (Guru SD)

    Apakah produk kami sudah sesuai dengan keinginan anda

    Sudah sesuai dengan ada yang di gambar menu

     

    05 Desember 2020

    Siti Nur R

    (Guru SD)

    Apakah merespon keluhan konsumen dengan cepat ?

    Fast respon saat menangani konsumen

     

    05 Desember 2020

    Siti Nur R

    (Guru SD)

    Perlu menambah variasi menu ayam geprek Al Amin ?

    Perlu agar bisa merasakan berbeda

     

    2.    

    05 Desember 2020

    Yulita Sari

    (Karyawan toko)

    Apakah produk kami sudah sesuai dengan keinginan anda

    Sesuai dengan rasa ayam geprek pada umum nya

     

    05 Desember 2020

    Yulita Sari

    (Karyawan toko)

    Apakah merespon keluhan konsumen dengan cepat ?

    Cepat dalam membalas chating

     

    05 Desember 2020

    Yulita Sari

    (Karyawan toko)

    Perlu menambah variasi menu ayam geprek Al Amin ?

    Perlu agar bisa unik pada menu nya

            3. 

    05 Desember 2020

    Saipul Maulana

    (Karyawan swasta)

    Apakah produk kami sudah sesuai dengan keinginan anda

    Sudah sesuai packing nya juga rapih

     

    05 Desember 2020

    Saipul Maulana

    (Karyawan swasta)

    Apakah merespon keluhan konsumen dengan cepat ?

    Cepat dan langsung memperbaiki keluhan konsumen

     

    05 Desember 2020

    Saipul Maulana

    (Karyawan swasta)

    Perlu menambah variasi menu ayam geprek Al Amin ?

    Perlu agar bisa berkembang dan bisa bersaing dengan yang lain nya

  3. Pengumpulan data dengan observasi langsung atau dengan pengamatan langsung adalah
    cara pengambilan data dengan menggunakan mata tanpa ada pertolongan alat standar lain untuk keperluan tersebut. Pengamatan baru tergolong sebagai teknik mengumpulkan data, jika pengamatan tersebut mempunyai kriteria berikut: 

    1.      Pengamatan digunakan untuk penelitian dan telah direncanakan secara sistematik.

    2.      Pengamatan harus berkaitan dengan tujuan penelitian yang telah direncanakan..

    3.      Pengamatan tersebut dicatat secara sistematis dan dihubungkan dengan proposisi umum dan bukan dipaparkan sebagai suatu set yang menarik perhatian saja

    a. Petunjuk Melakukan Observasi

    -          apa yang akan diobservasi;

    -          dimana letak lokasi observasi;

    -          kapan observasi akan dilakukan;

    -          siapa yang melaksanakan observasi ini;

    -          siapa yang akan diobservasi;

    -          bagaimana melaksanakan observasi ini.

    a.       Minta ijin terlebih dahulu dari manajer atau pegawai-pegawai yang terlibat

    b.      Bertindaklah Dengan rendah hati (low profile)

    c.       Lengkapilah dengan catatan selama observasi berlangsung

    d.      Kaji-ulanglah hasil observasi dengan individu-individu yang terlibat

  4. Ada dua macam format dari daftar pertanyaan, yaitu format bebas (free format) dan format pasti (fixed format). Dalam suatu daftar pertanyaan dapat hanya berbentuk format bebas saja atau format pasti saja atau berisi gabungan dari keduanya. 

    1)      Daftar Pertanyaan Format Bebas : berisi dengan pertanyaan-pertanyaan yang harus diisi oleh responden ditempat yang sudah disediakan

    2)      Format Pasti : berisi dengan pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya sudah pasti dengan memilih jawaban yang tersedia. Hasil dari daftar pertanyaan tipe ini akan lebih mudah untuk ditabulasi dan diisi oleh responden. Daftar pertanyaan tipe ini
    mempunyai beberapa bentuk pertanyaan

    a.      Check-off questions : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini dibuat sehingga responden dapat memeriksa (check-off) jawaban-jawaban yang sesuai

    Contoh :

    Daftar supplier : 

    o          PT. Shindengen

    o          PT. Keihin

    o          PT. Honda Lock Indonesia

    o          PT. Kayaba

    o          PT. Showa

    b. Yes/No questions : macam dari pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan responden untuk menjawab ‘ya’ atau ‘tidak’.

    Contoh

    a.       Ya

    b.      Tidak Bila tidak, sebutkan siapa saja yang berhak………..

     c. Opinion/Choice questions :  macam dari pertanyaan-pertanyaan ini memungkinkan responden untuk memberikan pendapatnya.

    Contoh :

    Berilah rangking dalam presentase jumlah waktu yang saudara habiskan untuk menangani transaksi berikut :

    …….. % membuat order penjualan baru

    …….. % membuat order penjualan

    …….. % membuat faktur penjualan

  5. Daftar pertanyaan

    a.       Marketing : Bagaimana cara anda sebagai pemilik mempromosikan produk ayam geprek ini ?

    b.      Personalia(HRD) : Apakah karyawan merespon keluhan konsumen dengan cepat ?

    c.       EDP (Electronic Data Processing) : Menggunakan Softwere apa dalam pemutakhiran (update) stock dalam suatu daftar barang (inventory) ?



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bab 1 Sistem Informasi

Bab 1 Konsep Dasar Sistem, Konsep Dasar Informasi dan Konsep Dasar Sistem Informasi dan Pembahasan Pengembangan Sistem : alasan, prinsip, tahapan pengembangan sistem, metode, pendekatan serta alat & teknik pengembangan sistem

Bab 1 Pengenalan Etika Profesi

Desa Sarwadadi Kecamatan Talun Kabupaten Cirebon

Soal-Soal Bab 7

Bab 6 Desain Sistem

Bab 2 Tinjauan Umum Pengembangan Sistem

Bab 11 Implementasi Sistem

Bab 3 ETIKA PROFESI